Rabu, 30 November 2011

HIDUP SEHAT


HIDUP SEHAT
Hidup sehat merupakan harapan semua orang,karena kesehatan adalah anugerah yang tidak ternilai harganya.Dengan kesehatan maka kita bisa melakukan segala aktivitas dengan baik,tetapi sebaliknya jika  kita sakit maka semua aktivitas akan terhambat bahkan harus mengeluarkan banyak biaya untuk berobat.Namun kebanyakan orang menganggap remeh arti kesehatan tersebut,mereka cenderung malas untuk menjaga kesehatan dan memilih untuk menikmati kesenangan sesaat tanpa memikirkan akibatnya,misalnya merokok,minum minuman keras,narkoba,pola makan yang tidak teratur ,malas berolahraga dan  masih banyak lagi hal lain yang bisa menyebabkan terganggunya kesehatan.
Menurtu saya ada beberapa tips untuk menjaga agar kita bisa tetap hidup sehat diantaranya adalah:
1.    Niat
Niat adalah bagian terpenting,karena segala sesuatu harus didasari dengan niat yg kuat.Artinya kita harus benar-benar berniat ingin menciptakan dan menjaga agar hidup tetap sehat.
2.    Mengatur pola makan
Ciptakan pola makan yang baik,misalnya makan sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu makan pagi,makan siang dan makan malam,terus pertahankan pola seperti itu.Jangan sampai pola makan kita di tentukan oleh mood,serta pilihlah makanan yangempat sehat lima sempurna.Dan satu hal yang tidak kalah penting adalah jangan sampai melupakan sarapan walaupun hanya sepotong roti dan segelas susu.
3.    Hindari ngemil makanan yang kurang sehat
Usahakan hindari kebiasaan ngemil,kalau terpaksanya harus ngemil maka pilihlah makanan yang sehat seperti buah-buahan.
4.    Istrahat/tidur yang teratur
Bukan hanya makanan,istirahat juga tidak kalah pentingnya.Karena dengan istirahat yang cukup maka keesokan harinya kita bisa beraktivitas dengan segar. Untuk orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam sehari
5.    Olahraga yang teratur
Aturlah jadwal olahraga dengan baik,misalnya 2 kali dalam satu minggu,jangan sampai kita berolahraga tergantung mood,atau ajakan temen saja.kalau itu yang terjadi maka tidak akan tercapai tujuan hidup sehat.

Mengingat pentingnya kesehatan buat kita semua,oleh karena itu mari kita terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang.semoga apa yang saya tuliskan diatas bisa bermanfaat bagi kita semua.Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar