Jumat, 29 Oktober 2010

SULITNYA MENCARI LAPANGAN KERJA

                 Semakin berkembangnya jaman,semakin ketat pula  persaingan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.Sebenrnya kesulitan mendapatkan lapangan pekerjaan ini menyebabkan semakin meningkatnya angka pengangguran yang pada akhirnya bisa menimbulkan banyak sekali dampak negatif diantaranya meningkatnya kemiskinan,kejahatan dan semakin rendahnya kesejahteraan hidup.Pengangguran itu sendiri di sebabkan oleh ketidaksesuaian antara hasil yang dicapai antara pendidikan dengan lapangan kerja, ketidakseimbangan demand (permintaan) dan supply (penawaran) dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan masih rendah,
                 Betapa sulitnya mencari pekerjaan jaman sekarang bagi sarjana sekalipun. Setelah saya pikir-pikir, mencari pekerjaan bagi seorang sarjana memang agak lebih sulit jika dibandingkan dengan lulusan SD atau SMP. Mengapa demikian ? karena biasanya lulusan SD atau SMP mau bekerja apa saja asal menghasilkan uang yang halal. Mereka bisa menjadi pedagang asongan, kuli panggul,tukang becak, sopir angkot,tukang babat rumput atau jualan air pikulan. Sementara seorang sarjana pada umumnya merasa kurang nyaman atau gengsi jika bekerja srabutan seperti itu. Ini adalah kendala psikologis bagi seorang sarjana yang non keahlian khusus.
              Banyak orang berfikir untuk menciptakan lapangan kerja sendiri,bahkan para karyawan dan PNS sekalipun mereka ingin beralih profesi yaitu sebagai wiraswastawan dan wirausahawan,tp pada kenyataanya tidak semudah dan segampang  itu,butuh banyak sekali perjuangan dan pengorbanan untuk mencapai kesuksesan tersebut.Memang ada kisah sukses seseorang yang tidak bekerja di kantor atau ikut majikan namun jumlahnya tak sebanding dengan pengangguran di negeri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar