Senin, 25 Oktober 2010

KEMACETAN

        Kemacetan bukanlah hal yang asing lagi,terutama di kkota-kota besar di dunia termasuk di jakarta,semakin hari jakarta semakin macet,terutama pada saat jam berangkat dan pulang kerja.Seringnya terjadi kemacetan ini banyak sekali menimbulkan dampak negatif bagi semua masyarakat misalnya seringnya terjadi kecelakaan,lambatnya aktivitas masyarakat,semakin meningkatnya polusi,meningkatnya stres pengguna jalan,mengganggu jalanya mobil darurat seperti ambulance dan pemadam kebaaran dll.
        Banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya kemacetan,diantaranya adalah banyaknya pengguna kendaraan pribadi,kurangnya kesadaran pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas,banyaknya populasi manusia,berbagai aktivitas manusia yang semakin padat,kurangnya rasa aman dan nyaman masyarakat untuk menggunakan fasilitas angkutan umum jg merupakan penyebab utama terjadinya kemacetan.
         Untuk mengurangi kemacetan ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu:                        
  1. Memperlebar jalan,menambah jalur lalulintas sepanjang itu memungkinkan.
  2. Pengembangan jaringan pelayanan angkutan umum,misalnya memberi rasa aman dan nyaman bagi pengguna  angkutan umum,tarif yang tidak terlalu mahal,angkutan umum yang mudah di jangkau.
  3. Pengembangan kereta api kota,yang di kenal sebagai metro di Perancis,subway di Amerika dan MRT di Singapura.
  4. Pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi melalui peningkatan biyaya pemilikan kendaraan,pajak bahan bakar,pajak bea asuk yang tinggi.
  5. Mempersempit penyediaan lahan parkir dan meningkatkan biyaya parkir kendaraan.
  6. Meningkatkan dan mempertegas peraturan bagi para pengguna jalan,misalnya sangsi yang tegas bagi kendaraa pribadi yang berjalan di lajur busway,dll.
        Untuk memperlancar usaha-usaha mengatasi masalah kemacetan ini,maka dibutuhkan kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar