Executive Summary
Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak
di bidang home made (buatan rumah) yang berbahan dasar sabun mandi. Produk yang
kami buat merupakan souvenir atau hiasan yang mengkombinasikan antara hiasan
dan pengharum ruangan menjadi satu produk yang unik dan menarik serta tahan
lama.
Dengan melihat peluang yang ada, kami sangat
yakin produk yang kami buat bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,karena produk
kami masih sangat langka dan jarang pesaing serta harganya yang lebih
terjangkau kalau dilihat dari fungsi dan manfaatnya. Biaya untuk memproduksinya
relatif sederhana dan murah sehingga penjualan bisa mencapai laba maksimal. Selain
itu bahan bakunya juga sangat mudah didapatkan.
Bab
I
Pendahuluan
1.1 Judul
Usaha
Jenis usaha yang
kami lakukan adalah jenis usaha home made (buatan rumah). Mengolah barang,
memproduksi barang dan mendistribusikan barang yang dilakukan oleh perusahaan
sendiri. Usaha ini memproduksi macam-macam kreativitas yang dikembangkan ke
dalam sabun mandi.
1.2 Status
Usaha
Usaha
yang akan kami lakukan adalah usaha baru.
1.3 Latar Belakang Usaha
Sabun adalah hasil reaksi kimia antara
fatty acid dan alkali. Fatty acid adalah lemak yang diperoleh dari lemak hewani
atau nabati. Ada beberapa jenis minyak yang dipakai dalam pembuatan sabun,
antara lain : Minyak zaitun (olive oil), minyak kelapa (coconut oil), minyak
sawit (palm oil), minyak kedelai (soy bean oil) dan lain - lain. Masing -
masing mempunyai karakter dan fungsi yang berlainan.
Sebagian
orang menganggap bahwa Sabun yang sudah terpakai untuk diproses mandi, tidak
dapat dimanfaatkan lagi. Padahal
sabun itu sendiri dapat dibuat bermacam- macam accesoris yang unik.Sepeti
misalnya, hiasan meja, pengharum ruangan bahkan mainan anak sekalipun. Maka
dari itu perusahaan kami membuat inovasi baru dengan memanfaatkan sabun mandi
tersebut.
Perusahaan
kami memasarkan produk kepada target pasar potensial dan tetap mengutamakan kualitas produk itu
sendiri sehingga dapat bersaing dengan produk yang sudah maju.
1.4 Visi dan Misi
Memproduksi
sabun dengan berbagai
macam variasi yang mempunyai nilai tinggi dalam berkreasi dan berinovasi
sehingga dapat menciptakan
suasana yang nyaman dan indah.
Bab
II
Metode
Pelaksana
2.1
Produk
Produk yang kami produksi adalah sebuah
souvenir atau hiasan pengharum ruangan yang terbuat dari bahan sabun mandi yang
dicampur dari bahan – bahan lainnya seperti tepung, pewarna dan tersedia dalam
berbagai bentuk bunga.
2.2
Bahan Baku
Berikut
ini adalah bahan baku dari poduk kami:
·
Sabun
mandi
·
Tepung
maizena
·
Pewarna
makanan (warna sesuai selera)
2.3 Proses Produksi
Berikut ini adalah proses produksi dari produk kami:
·
Sabun Mandi diparut dengan parutan
kelapa
·
Campur dengan air panas dan diaduk
sampai rata
·
Jika mau menggunakan pewarna
masukkan beberapa tetes pewarna makanan
·
Masukkan tepung maizena
·
Bentuk
menjadi bunga sesuai selera (mawar kembang dan kuncup, alicia, melati,
matahari, anthurium,dsb)
2.4 Aspek Pasar dan Pemasaran
1) Prospek Pasar
Prospek pasar
produk kami cukup tinggi karena barang yang kami produksi cukup unik dan jarang ada produk
yang sama. Di samping itu juga
produk kami menarik, karena mengkobinasikan hiasan dan
pengharum dalam satu produk.
2) Strategi
Pemasaran
Promosi yang kami lakukan adalah:
·
Promosi Langsung : menawarkan secara langsung (door to door).
·
Promosi Tidak Langsung : melalui internet (jejaring sosial).
2.5 Tempat Produksi
Tempat produksi berada di lokasi perumahan Jaka
Permai, Kalimalang Jakarta Timur yang tempatnya strategis, dekat dengan jalur
tol dan dekat dengan Universitas Gunadarma. Daerah sekitar tempat produksi cukup
ramai sehingga mudah untuk memasarinya.
Bab III
Target Luaran
3.1 Target
Produk
1)
Harga
Harga yang kami tawarkan adalah Rp 20.000
/buah
2)
Fungsi utama produk
Fungsi utama produk ini adalah untuk sebagai
hiasan dan pengharum ruangan, baik di rumah, kantor, maupun di tempat-tempat
lainnya. Dan produk ini juga bisa sebagai pajangan di
ruangan,sehingga ruangan menjadi lebih indah dan harum.
3.2 Target Konsumen
Target konsumen kami adalah masyarakat di sekitar
Universitas Gunadarma, penduduk perumahan Jaka Permai, perkantoran dan instansi
pendidikan di daerah Bekasi dan sekitarnya.
3.3 Target Pendapatan
Target pendapatan kami per bulan adalah Rp 600.000,-
Bab IV
Profil Perusahaan
4.1 Biodata
Perusahaan
Nama Perusahaan :
M2VIRA Decoration
Alamat Perusahaan :
Perumahan Jaka Permai
No. telpon :
085695066419
4.2 Stuktur
Organisasi
Bab
V
Rencana
Biaya
Bab
VI
Rencana
Pengembangan Usaha
Setalah berhasil dengan Produk yang telah ada,kami akan mencoba
menciptakan Produk yang baru dengan menambah berbagai macam bentuk produksi
yang lebih banyak lagi.dan juga bisa menggunakan bahan-bahan yang berkualitas
tinggi,sehingga menciptakan Produk yang berkualitas tinggi.
Disamping menciptakan produk baru dan berinovasi dengan produk yang
sudah ada kami juga akan mengembangkan usaha kami dengan cara membuka toko yang
menjual produk kami sehingga dapat melebihi target pasar.
5.1 Tahap-Tahap Pengembangan Usaha
·
Melakukan
survey terhadapa pasar,
·
Mencari
ide-ide untuk menciptakan sebuah produk yang sedang disukai konsumen,
·
Melakukan
survey bahan baku dan bahan penolong,
·
Melakukan
penyesuaian harga barang yang akan di pasarkan,
·
Melakukan
survey terhadap tempat usaha,
·
Melakukan
promosi terhadap produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar