Senin, 29 Juli 2013

Proposal Dana Bergulir

Executive  Summary
Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang home made (buatan rumah) yang berbahan dasar sabun mandi. Produk yang kami buat merupakan souvenir atau hiasan yang mengkombinasikan antara hiasan dan pengharum ruangan menjadi satu produk yang unik dan menarik serta tahan lama.
Dengan melihat peluang yang ada, kami sangat yakin produk yang kami buat bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,karena produk kami masih sangat langka dan jarang pesaing serta harganya yang lebih terjangkau kalau dilihat dari fungsi dan manfaatnya. Biaya untuk memproduksinya relatif sederhana dan murah sehingga penjualan bisa mencapai laba maksimal. Selain itu bahan bakunya juga sangat mudah didapatkan.

Bab I
Pendahuluan

1.1  Judul Usaha

Jenis usaha yang kami lakukan adalah jenis usaha home made (buatan rumah). Mengolah barang, memproduksi barang dan mendistribusikan barang yang dilakukan oleh perusahaan sendiri. Usaha ini memproduksi macam-macam kreativitas yang dikembangkan ke dalam sabun mandi.

1.2  Status Usaha

     Usaha yang akan kami lakukan adalah usaha baru.

1.3  Latar Belakang Usaha

Sabun adalah hasil reaksi kimia antara fatty acid dan alkali. Fatty acid adalah lemak yang diperoleh dari lemak hewani atau nabati. Ada beberapa jenis minyak yang dipakai dalam pembuatan sabun, antara lain : Minyak zaitun (olive oil), minyak kelapa (coconut oil), minyak sawit (palm oil), minyak kedelai (soy bean oil) dan lain - lain. Masing - masing mempunyai karakter dan fungsi yang berlainan.

Sebagian orang menganggap bahwa Sabun yang sudah terpakai untuk diproses mandi, tidak dapat dimanfaatkan lagi. Padahal sabun itu sendiri dapat dibuat bermacam- macam accesoris yang unik.Sepeti misalnya, hiasan meja, pengharum ruangan bahkan mainan anak sekalipun. Maka dari itu perusahaan kami membuat inovasi baru dengan memanfaatkan sabun mandi tersebut.

Perusahaan kami memasarkan produk kepada target pasar potensial dan tetap mengutamakan kualitas produk itu sendiri sehingga dapat bersaing dengan produk yang sudah maju.

1.4  Visi dan Misi

Memproduksi sabun dengan berbagai macam variasi yang mempunyai nilai tinggi dalam berkreasi dan berinovasi sehingga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan indah.




Bab II
Metode Pelaksana

2.1 Produk

Produk yang kami produksi adalah sebuah souvenir atau hiasan pengharum ruangan yang terbuat dari bahan sabun mandi yang dicampur dari bahan – bahan lainnya seperti tepung, pewarna dan tersedia dalam berbagai bentuk bunga.
2.2 Bahan Baku

Berikut ini adalah bahan baku dari poduk kami:
·         Sabun mandi
·         Tepung maizena
·         Pewarna makanan (warna sesuai selera)
2.3 Proses Produksi

Berikut ini adalah proses produksi dari produk kami:
·         Sabun Mandi diparut dengan parutan kelapa
·         Campur dengan air panas dan diaduk sampai rata
·         Jika mau menggunakan pewarna masukkan beberapa tetes pewarna makanan
·         Masukkan tepung maizena
·         Bentuk menjadi bunga sesuai selera (mawar kembang dan kuncup, alicia, melati, matahari, anthurium,dsb)

2.4 Aspek Pasar dan Pemasaran

1)      Prospek Pasar
Prospek pasar produk kami cukup tinggi karena barang yang kami produksi cukup unik dan jarang ada produk yang sama. Di samping itu juga produk kami menarik, karena mengkobinasikan hiasan dan pengharum dalam satu produk.

2)      Strategi  Pemasaran

Promosi yang kami lakukan adalah:
·         Promosi Langsung                  : menawarkan secara langsung (door to door).
·         Promosi Tidak Langsung        : melalui internet (jejaring sosial).



2.5 Tempat Produksi

Tempat produksi berada di lokasi perumahan Jaka Permai, Kalimalang Jakarta Timur yang tempatnya strategis, dekat dengan jalur tol dan dekat dengan Universitas Gunadarma. Daerah sekitar tempat produksi cukup ramai sehingga mudah untuk memasarinya.



Bab III
Target Luaran

3.1  Target Produk

1)      Harga
Harga yang kami tawarkan adalah Rp 20.000 /buah

2)      Fungsi utama produk
Fungsi utama produk ini adalah untuk sebagai hiasan dan pengharum ruangan, baik di rumah, kantor, maupun di tempat-tempat lainnya. Dan produk ini juga bisa sebagai pajangan di ruangan,sehingga ruangan menjadi lebih indah dan harum.

3.2  Target Konsumen

Target konsumen kami adalah masyarakat di sekitar Universitas Gunadarma, penduduk perumahan Jaka Permai, perkantoran dan instansi pendidikan di daerah Bekasi dan sekitarnya.

3.3  Target Pendapatan

Target pendapatan kami per bulan adalah Rp 600.000,-




Bab IV
Profil Perusahaan

4.1 Biodata Perusahaan

Nama Perusahaan                          : M2VIRA Decoration
Alamat Perusahaan                       : Perumahan Jaka Permai
No. telpon                                     : 085695066419
E-mail                                            : mtwoviradecoration@ymail.com

4.2 Stuktur Organisasi



 


















                                                                                                                                              
Bab V
Rencana Biaya






Bab VI
Rencana Pengembangan Usaha

Setalah berhasil dengan Produk yang telah ada,kami akan mencoba menciptakan Produk yang baru dengan menambah berbagai macam bentuk produksi yang lebih banyak lagi.dan juga bisa menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi,sehingga menciptakan Produk yang berkualitas tinggi.
Disamping menciptakan  produk baru dan berinovasi dengan produk yang sudah ada kami juga akan mengembangkan usaha kami dengan cara membuka toko yang menjual produk kami sehingga dapat melebihi target pasar.
5.1 Tahap-Tahap Pengembangan Usaha

·         Melakukan survey terhadapa pasar,
·         Mencari ide-ide untuk menciptakan sebuah produk yang sedang disukai konsumen,
·         Melakukan survey bahan baku dan bahan penolong,
·         Melakukan penyesuaian harga barang yang akan di pasarkan,
·         Melakukan survey terhadap tempat usaha,
·         Melakukan promosi terhadap produk.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar