Minggu, 11 Desember 2011

PENDIDIKAN DI INDONESIA


PENDIDIKAN DI INDONESIA

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan. Pembangunan diharapkan bisa menyesuaikan dengan tuntutan zaman, perkembangan zaman pasti akan menimbulkan persoalan-persoalan baru yang harus dihadapi, oleh karena itu adanya pendidikan yang berkualitas sangat dibutuhkan agar dapat menyelesaikan setiap masalah-masalah dalam pembangunan, sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik.
Apa jadinya jika pembangunan di Indonesia tidak diiringi dengan pembangunan dalam dunia pendidikanya. Walaupun pembangunan fisiknya baik, tetapi apa gunanya bila moral dan akhlak bangsa terpuruk. Hal ini akan menimbulkan berbagai masalah dalam negeri ini, terutama dalam bidang ekonomi. Banyak terjadi korupsi yang lambat laun akan menyebabkan Negara ini terpuruk dan pada akhirnya akan hancur. Untuk mencegahnya, pendidikan harus dijadikan prioritas utama dalam pembangunan.
Namun perhatian pemerintah akan pentingnya pendidikan masih dirasa sangat minim. Hal ini bisa kita rasakan dari permasalahan pendidikan yang semakin rumit, sulitnya memperoleh informasi mengenai pendidikan, mahalnya biaya pendidikan, tenaga pengajar yang belum professional, rendahnya mutu pendidikan dan kurangnya pengalokasian dana dari pihak pemerintah. Bahkan program wajib belajar yang selama ini digembar-gemborkan, sampai saat ini belum bisa berjalan dengan sempurna, masih banyak sekali anak bangsa dinegeri ini kesulitan untuk mengenyam  pendidikan yang seharusnya menjadi hak mereka, terutama di daerah-daerah terpencil. Bahkan seolah-olah pendidikan itu hanya buat orang kaya saja,  sehinga menimbulkan perasaan takut dan pesimis bagi si miskin, kondisi seperti inilah yang memaksa meraka untuk tidak sekolah.
Untuk menyelesaian masalah pendidikan dinegeri ini yang masih sangat memprihatinkan, tidak bisa berjalan secara terpisah-pisah. Artinya harus ada kerjasama dari semua kalangan baik itu pemerintah, sekolah, dan masyarakat. Artinya kita tidak hanya memperhatikan kenaikan anggaranya saja, karena percuma saja jika angaran tinggi tetapi mutu dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia masih rendah. Pemberian penyuluhan kepada masyarakat juga sangat penting, karena bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Semua itu harus berjalan dengan selaras dan seimbang agar tercapai negeri yang cerdas dan berakhlak mulia sehingga terwujudlah bangsa dan Negara yang makmur dan sejahtera.
Semoga apa yang saya tuliskan ini, bisa memotivasi kita agar lebih peduli akan masa depan negeri ini.Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar